Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

SM3T Angkatan VI Belum Dibuka, Ini Catatan Persiapan Seleksi

Persiapan Seleksi SM3T Angkatan VI


Diguru.info - Pendaftaran SM3T Angkatan VI belum dibuka. Bahkan pihak dari asrama PPG menambahkan bahwa kontrak dengan SM3T hanya sampai angkatan V. Tapi jika dilihat dari peminat yang membludak dan juga kebutuhan guru di lapangan sepertinya program SM3T sangat diperlukan. Pihak diguru.info tidak akan mengomentari mengenai kapan pembukaan pendaftaran, apakah jadi dibuka, atau pertanyaan-pertanyaan lain yang sepertinya riskan untuk dijawab.

Pada postingan kali ini diguru.info hanya ingin membagi sedikit catatan kecil mengenai proses seleksi SM3T. Terlepas dari jadi atau tidaknya seleksi SM3T angkatan VI, semoga catatan ini bermanfaat untuk pembaca diguru.info. Oke, langsung saja. 

Secara garis besar seleksi SM3T terdiri dari:
1. Pendaftaran, dilanjutkan Seleksi Administrasi secara Online
2. Tes Online
3. Tes Wawancara
4. Prakondisi 

Ya hanya ada 3 tahap, namun di tahap pertama saja banyak yang sudah gugur. Misalnya saja di UNY 1044 orang yang mendaftar SM3T angkatan III Universitas Negeri Yogyakarta, sebanyak 474 orang berhasil lolos seleksi administrasi. Tahap Seleksi Administrasi dilakukan secara Online


Persiapan Seleksi SM3T Angkatan VI


Persiapan Seleksi Administrasi Online

Persiapan ini meliputi pendaftaran di laman http://seleksi.dikti.go.id/sm3t/  (di sini juga semua info mengenai SM3T)

1. Mendaftar secara online, biodata dan LPTK.
mendaftar secara online, akan ada formulir biodata diri yang wajib diisi secara lengkap dan siapkan untuk upload berkas-berkas yang ada di syarat pendaftaran (Foto, scan ijazah, transkrip nilai, dan yang disyaratkan lainnya).  Pada langkah ini juga ada pilihan LPTK yang dituju sebagai penyelenggara tes SM3T atau PPG. Misalnya Anda berada di yogyakarta, pilih LPTK UNY agar mudah akomodasi dan lebih dekat dengan tempat tinggal. Tidak masalah Anda dari perguruan Tinggi Swasta atau dari PTN tetap bisa memilih LPTK yang diinginkan.

2. Scan file yang diperlukan kalau bisa diresize.
Resize dengan menggunakan aplikasi photoshop dan lain-lain agar menjadi 150dpi. Yang penting masih bisa dibaca dan ukuran file tidak sampai ber-mega-mega. Hal ini karena denga ukuran yang lebih kecil agar lebih ringan ketika di unggah. Karena jika file besar bisa mengganggu saat proses upload.

3. Perhatikan data sebelum verifikasi
Setelah semua lengkap, saatnya verifikasi data, pastikan dulu semua data yang diisi dan file yang di unggah sudah benar dan lengkap karena setelah di validasi sudah tidak bisa mengubah data yang sudah diisi maupun di upload. Oh iya, cermati lagi background foto. Dekat tombol upload ada keterangan bahwa foto dengan background tertentu. Pengalaman penulis, background foto berwarna biru

4. Cetak formulir online
Setelah yakin, segera validasi,cetak formulir pendaftaran online. Semua hardcopy file yang di-upload disimpan dalam satu map untuk diserahkan pada panitia saat wawancara di LPTK. Setelah proses ini tunggu pengumuman selanjutnya.


Persiapan Tes Online

Jika sudah ada pengumuman, silakan login di alamat http://seleksi.dikti.go.id/sm3t/. Anda akan melihat nama anda lolos tahap selanjutnya atau tidak. Tahap selanjutnya adalah tahap seleksi tertulis secara online. Adapun tempat pelaksanaanya sesuai dengan LPTK yang Anda pilih pada pendaftaran online sebelumnya. Persiapan yang bisa dilakukan antara lain:

1. Jika belum familiar dengan tes online atau tes CAT bisa mencoba-coba format di aplikasi-aplikasi CAT CPNS. Memang tidak sama persis tapi cukup membantu untuk mengerjakan soal secara online dan dibatasi waktu

2. Pelajari Soal-soal tes potensi Akademik
Lah ini, soal-soal tes potensi akademik terkadang mirip soal-soal untuk masuk PTN atau soal TIU di CPNS. Sekiranya itu cukup membantu

3. Baca Kisi-kisi Soal
Walaupun banyak yang bilang kecewa dengan kisi-kisi, namun tidak ada salahnya membaca kisi-kisi. Prodi Pendidikan Fisika misalnya, banyak materi yang keluar sesuai dengan kisi-kisi. Kisi-kisi dapat Anda lihat pada laman http://seleksi.dikti.go.id/sm3t/ setelah pengumuman tes tertulis keluar. Misalnya seperti gambar di bawah

Kalau masih penasaran untuk unduh bisa dibuka di http://seleksi.dikti.go.id/sm3t di tombol download

4. Berdoa.
Benar, berdoa. Karena di tahap ini kita tidak tahu apakah jawaban kita benar atau salah. Terutama pada soal yang jenisnya analisis. Komentarnya: lumayan sulit

Persiapan Seleksi Wawancara

Seleksi wawancara hampir sama dengan wawancara pada umumnya. Namun pastikan Anda menjawab dengan logis, tenang, mantap dan meyakinkan. Berikut cuplikan pertanyaan yang pernah kami rangkum.

1. Jika Anda diberi kesempatan untuk mengajar di swasta dengan gaji besar, pilih SM3T atau swasta?
2. Jika di penempatan terjadi kerusuhan, apa yang akan Anda lakukan?
3. Bagaimana jika di tempat penugasan tidak ada listrik dan sinyal telepon?
4. Bagaimana tanggapan orang tua, apakah orang tua mengijinkan?
5. Di tempat 3T sarana kurang, bagaimana Anda akan mengajar?
6. Selama 1 tahun di penempatan, bisa jadi tidak ada sinyal dan listrik, apakah pacar bersedia?
7. Apa pengalaman anda untuk ke daerah-daerah "pinggiran"? Apakah punya hobi khusus yang menunjang?
8. Jenis UKM yang diikuti selama ini apa?
9. Setelah SM3T apa yang akan dilakukan?
10. Apakah Anda yakin bisa menginspirasi di daerah 3T?
11. Jika siswa di daerah penempatan tidak mau berangkat sekolah, apa yang akan Anda lakukan?
12. Apa kelebihan dan kekurangan diri?
13. Bagaimana jika saat penugasan tiba-tiba orang tua sakit?

Usahakan jawab secara mantap matang, jangan terburu-buru atau terbata-bata. Kalau bisa bayangkan kemungkinan-kemungkinan pertanyaan lainnya sejak awal.

Persiapan Prakondisi

Setelah dinyatakan lulus seleksi wawancara (pengumuman ada di web http://seleksi.dikti.go.id/sm3t/ ) , prakondisi menyesuaikan dengan masing-masing LPTK. Karena tiap-tiap LPTK mempunyai tempat prakondisi tersendiri. Misalnya lagi UNY, tempat prakondisinya adalah di AAU Yogyakarta. Prakondisi berlangsung selama kurang lebih 10 hari sampai 2 minggu. Persiapan masing-masing LPTK bisa berbeda-beda, biasanya diumumkan melalui website kampus.

Secara umum persiapannya:
1. Siapkan fisik (terutama lari dan berenang)
2. Siapkan lambung untuk makan, karena makan di tempat prakondisi disesuaikan dengan makan ala militer.
3. Siapkan pakaian yang akan digunakan (diwajibkan dibawa) misalnya pakaian hitam putih, pakaian olahraga, pakaian pramuka.
4. Siapkan keperluan pribadi seperti alat makan, alat tulis, alat ibadah, alat mandi, dsb.
5. Jangan lupa ember, sabun cuci dan sikat. Karena selama prakondisi tidak ada fasilitas Loundry. Ingat.
6. Jangan bawa barang terlalu banyak, satu koper atau carier tas gunung sudah cukup dengan ember ditenteng.
7. Beritahu orang tua, sahabat,teman-teman, karena selama prakondisi dilarang menggunakan hanphone atau perangkat lain. Kalau yang punya pacar, segera dikondisikan.
8. Siapkan mental. Karena pada saat prakondisi yang disiapkan adalah mental dan fisik. Jika diingatkan agak keras, yakinlah tidak akan ada apa-apa. Para pelatih hanya ingin membentuk mental peserta.

Mungkin itu dulu yang bisa diguru.info sampaikan. Ingat, informasi ini hanya untuk sekedar pengetahuan. Pihak diguru.info tidak pernah mengumumkan bahwa sudah ada pengumuman SM3T Angkatan VI. Barangkali bisa sedikit mengurangi rasa haus penasaran bagi yang membaca. Jika ada informasi yang keliru atau kurang bisa ditujukan di kolom komentar. Terimakasih.

Salam diguru.info


Ayo share biar teman-temanmu tahu..

© diguru.info. All rights reserved. Premium By Raushan Design