Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Infografis SNMPTN (Guru Wajib Tahu)

Diguru.info - Semester genap sedang berlangsung, tentu guru sekolah menengah atas juga sedang mempersiapkan perserta didik (calon lulusan) untuk dapat diterima di perguruan tinggi negeri (PTN). Adapun penerimaan mahasiswa baru di PTN ada pembagiannya yang dirangkum dalam infografi rilisan dari http://www.ristekdikti.go.id/. Berikut poster infografisnya.

Infografis SNMPTN 2016

Dari infografis di atas tampak bahwa tahun 2016 ini jumlah PTN yang ikut menjadi 78 dengan tambahan 13 PTN peserta SNMPTN. Sebagai referensi jumlah peserta seleksi tahun 2015 mencapai 852.093 orang dengan peserta yang lulus mencapai 137.005 orang. Dengan adanya tambahan PTN pilihan semoga jumlah kuota ikut bertambah, mengingat jumlah peserta yang dari tahun ke tahun terus meningkat. 

Jumlah alokasi daya tampung SNMPTN sebanyak 40% dari kuota perguruan tinggi negeri, sedangkan SBMPTN dan Seleksi Mandiri masing-masing 30%. Maka perlu persiapan sejak awal dari peserta didik, guru, serta orang tua. Kuota SNMPTN sebanyak 40% tentu tidak boleh disia-siakan dengan ikut serta mendaftar, adapun caranya dapat dibaca di Cara Mengisi PDSS SNMPTN 2016. Selain guru juga wajib memberikan pengarahan bahwa selain SNMPTN (jalur rapor) juga ada jalur tes tertulis yakni SBMPTN dan Seleksi mandiri. Jadi harus banyak-banyak latihan mempersiapkan diri. Semoga dengan usaha semua pihak juga persiapan sejak dini, para siswa (calon lulusan) dapat diterima di perguruan tinggi negeri yang diinginkan.
© diguru.info. All rights reserved. Premium By Raushan Design